Kamis, 28 Juli 2011

Sistem Informasi Manajemen dan Kepuasan Pembuatnya.

Kemarin, di Sistem Informasi Akuntansi dan Doa, saya menulis bagaimana dalam kehidupan pekerjaan sebagai programmer software akuntansi, saya tetap harus melibatkan Tuhan dalam seluruh bidang hidupku, termasuk programming. Dan renungan harian hari ini mengingatkan kembali saya tentang apa alasan saya bekerja di bidang Sistem Informasi Manajemen. Saya sering ditanya demikian, dan kalau saya mau jujur, ada dua alasan utama, yang pertama, memang saya senang programming. Tetapi, alasan yang paling penting, adalah karena saya tahu, melalui pekerjaan ini, saya pasti membantu orang. Tidak banyak pekerjaan yang bisa mengatakan hal yang sama.

Memang sih, bagi orang yang lagi implementasi sistem informasi manajemen yang baru, pasti banyak kerepotan untuk adaptasi ke sistem baru. Program kami memang sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga gampang dipakai. Bagi orang yang lulus SMA secara rata-rata, umumnya hanya dibutuhkan training satu hari untuk menjadi operator biasa. Tetapi, tetap saja, perubahan sistem bekerja selalu tidak nyaman, karena manusia adalah mahluk kebiasaan (creature of habits), yang tidak senang perubahan apapun juga. Akan tetapi, begitu sistem informasi manajemen atau sistem informasi akuntansi kami telah berjalan dengan lancar, semua orang yang bekerja dengan benar akan merasa sangat terbantukan. Operator-operator menemukan bahwa pekerjaan mereka menjadi jauh lebih gampang dan terhindar jauh dari kesalahan yang biasa terjadi dengan sistem manual maupun Excel. Pihak Manajemen menemukan bahwa mereka mampu mendapat informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan jauh lebih akurat untuk membantu mereka membuat keputusan-keputusan yang penting.

Tentu saja, tidak semua orang akan berbahagia. Kalau seandainya ada orang yang mengambil kesempatan untuk korupsi sebelumnya, kemungkinan akan kehilangan kesempatan itu begitu sistem informasi akuntansi kami terpasang. Itu disebabkan oleh karena sistem manual maupun Excel sering sekali jauh lebih longgar, sehingga lebih gampang dimanipulasi, dibandingkan dengan sistem informasi manajemen kami yang terintegrasi. Di mana semua bidang usaha terintegrasi menjadi satu, sehingga kesempatan untuk memanipulasi data menjadi berkurang jauh. Nah, akan tetapi, orang-orang yang bekerja dengan benar justru akan senang. Contohnya, seorang klien kami, di luar Bandung, berhasil mengurangi jauh kebocoran di perusahaan beliau, dan meningkatkan kinerja perusahaannya sehingga turnover-nya naik dua kali lipat dalam 3 tahun, dan persentasi hutang terhadap stok juga berkurang jauh. Dan, yang terbaik bagi karyawannya, rata-rata gaji mereka secara bertahap dinaikkan perusahaan hingga hampir dua kali lipat dari sebelumnya. Bukankah itu memberikan kepuasan besar bagi saya sebagai pembuat Sistem Informasi Manajemen yang mereka pakai?

Kalau anda membutuhkan info lebih lanjut tentang kami, bisa dilihat di post: Software Sistem Informasi Manajemen. Untuk post lain yang melanjuti post ini, anda bisa lihat post: Sistem Informasi Akuntansi dan Berkat Bebek Panggang dan Software Akuntansi dan Kodok . Anda mungkin juga tertarik dengan post lain yang berhubungan: Tim Programmer Software Akuntansi atau Single Fighter? Untuk membaca blog yang terakhir, click  Programmer Sistem Informasi Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar