Kamis, 01 September 2011

Software Akuntansi dan Cuci Gudang

Sewaktu liburan Idul Fitri ini, saya dan istri membongkar gudang kami. Kami baru membeli rumah ini, yang notabene ukurannya mungil, setelah kami sewa empat tahun. Sebelum kami beli, semua kardus-kardus kosong kami simpan di gudang yang ukurannya juga cukup kecil, karena kami tidak tahu kalau-kalau kami perlu pindah lagi. Akibatnya, gudang itu menjadi penuh, dan barang-barang kami yang lain, terpaksa disimpan di mana saja bisa dan menjadikan rumah ini menjadi penuh sesak, dan tidak nyaman. Berhubung karena sekarang kami tidak akan pindah lagi dalam waktu dekat, kami memutuskan untuk membersihkan gudang tersebut, sehingga barang-barang yang tdiak diperlukan bisa disimpan di dalam gudang dengan jauh lebih efisien. Hasil akhirnya benar-benar luar biasa. Gudang menjadi jauh lebih rapih, dan rumah menjadi bersih dan nyaman ditinggali. Dan kami menemukan hidup kami menjadi jauh lebih nyaman dan nikmat.

Demikian juga perbedaannya antara memakai Software Akuntansi dengan memakai sistem manual ataupun Excel. Sistem manual ataupun Excel, kadangkala seperti gudang kami sebelumnya, di mana data-data disimpan sering sekali dalam jumlah yang banyak dan sering tidak gampang diambil ketika diperlukan. Ini berbeda dengan Software Sistem Informasi Akuntansi, di mana data yang disimpan, tersusun rapi secara otomatis di dalam database Software Akuntansi tersebut, yang dengan cepat bisa ditarik dan diproses sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang saya ceritakan di post Software Akuntansi dan Memory Card, sering sekali masalah yang dihadapi perusahaan merupakan masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan mudah, kalau diketahui dengan cepat. Akan tetapi, dengan sistem manual ataupun Excel, data yang sedemikian banyak dan membingungkan itu tidak mengizinkan kita untuk bisa mengetahui dengan cepat. Itu berbeda dengan memakai Software Akuntansi yang baik, di mana hal seperti itu dapat dianalisa dengan cepat dan nyaman, sehingga bisa diselesaikan dengan mudah juga.

Kalau anda sekarang masih memakai sistem manual ataupun Excel, sedangkan jumlah data yang ada sudah membuat sesak, jangan menunggu sampai anda kena masalah besar dahulu, seperti yang saya ceritakan di post Software Sistem Informasi Manajemen dan Aki Mobil. Anda bisa mempelajari kami lebih lanjut di post: Software Akuntansi, untuk programmer Bandung yang handal. Untuk membaca kelanjutan post ini, anda bisa membaca post: Software Akuntansi dan Mendaftar ke SMA. Untuk kembali ke post yang terakhir, anda cukup click Programmer Software Akuntansi.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar